Thursday, May 23, 2013

Kata Ganti dalam Bahasa Belanda

Kata Ganti dalam Bahasa Belanda - Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Kata Ganti Bahasa Belanda yang merupakan kelanjutan dari Kata Sifat dalam bahasa Belanda pada postingan yang sebelumnyaBerikut penjelasannya.

1. Kata ganti orang


Berikut ini terjemahan kalimat-kalimat yang tertera di atas:

Het selain sebagai kata sandang, juga merupakan kata ganti (pengganti benda yang berkata sandang het). Lihat contoh berikut ini.

Kata benda yang mempunyai kata sandang de dapat digantikan dengan hij (subyek) atau hem (obyek). Kata benda jamak digantikn dengan zij (subyek dan obyek).

2. Kata ganti penunjuk: deze / dit (ini), die / dat (itu)

Lihat contoh berikut:


3. Kata ganti penghubung: die / dat / wat  (yang)

Lihat contoh berikut:


4. Kata ganti penghubung: waar dan wie

Pada penjelasan berikut terdapat beberapa istilah mengenai kata ganti penghubung waar dan wie yang disertai beberapa contoh.

waar + kata depan :

  • waarin (waar ..... in)
  • waarop (waar ..... op)
  • waarover (waar ..... over)
Contoh :


 kata depan + wie : over wir, aan wie


Gabungan waar + kata depan seringkali dipisahkan dalam kalimat, namun arti kedua bentuk ini tidak berbeda, sedangkan kata depan + wie tidak pernah dipisahkan. Dalam menerjemahkannya, kita harus berhati-hati, jangan terkecoh dengan waar (di mana) yang tidak digabungkan dengan kata depan.

Apabila dalam kalimat terdapat waar yang menjabat sebagai kata penghubung, jangan langsung menerjemahkannya dengan arti di mana. Cari dulu di belakang kalimat, barangkali ada kata depan sebelum kata kerja (PV). Bila demikian waar harus diterjemahkan dengan yang.


5. Kata ganti kepunyaan

Adapun penjelasan mengenai kata ganti kepunyaan, langsung saja simak contoh berikut.




6. Kata ganti refleksif

Adapun penjelasan mengenai kata ganti refleksif, langsung saja simak contoh berikut.

zich vergissen "keliru"



Kata ganti refleksif mengacu kembali ke "subyek". Dalam menerjemahkan, kita jangan menganggap kata ganti refleksif ini sebagai kata ganti biasa bentuk obyek. Dalam kamus kata kerja yang dilengkapi kata ganti refleksif diberi kata zich.

Kata ganti refleksif ini jumlahnya tidaklah banyak. Dalam bahasa Indonesia, kata kerja ini dikenali dengan adanya kata diri. Tidak semua kata ganti refleksif bahasa Belanda diterjemahkan dengan kata ganti refleksif pula dalam bahasa Indonesia. Contoh lain:


Demikian beberapa penjelasan Kata Ganti dalam Bahasa Belanda, semoga penjelasan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk menambah wawasan kita dalam memahami bahasa Belanda. Terima Kasih.



0 komentar "Kata Ganti dalam Bahasa Belanda", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment