Friday, May 10, 2013

Penjelasan Tata Bahasa Ringkas

Penjelasan Tata Bahasa Ringkas - Tata Bahasa Ringkas ini dimaksudkan sebagai tata bahasa rujukan. Dalam buku pelajaran seringkali memberikan penjelasan gramatika yang tidak rinci. Informasi gramatika lebih lanjut biasanya dirujukan ke Tata Bahasa Ringkas ini.

Tata bahasa ini hanya merupakan rujukan, yang isinya tidak akan dibahas secara lengkap oleh pengajar di depan kelas, sehingga dapat digunakan sendiri oleh siswa maupun mahasiswa. Di dalamnya tersaji penjelasan mengenai pola pembentukan kata, kalimat, bangun bahasa khas bahasa Belanda yang sering menyulitkan pembelajaran asing untuk memahami teks bahasa Belanda.

Perubahan kata dengan imbuhan mendapatkan perhatian utama, baik perubahan bentuk kata kerja karena perubahan waktu maupun subyek, pengimbuhan kata benda, kata sifat, dan perubahan kata ganti. Pada pola kalimat, baik induk kalimat maupun anak kalimat, juga dibahas secara memadai.

Selain penggunaan kata perubahan waktu, dibahas juga beberapa kata yang secara gramatika yang sangat penting, meskipun secara semantis (makna kata atau kalimat) tidak begitu penting, misalnya er dan het. Bentuk pasif juga mendapat perhatian sewajarnya.

Sekin penjelasan singkat mengenai Penjelasan Tata Bahasa Ringkas, semoga bermanfaat.


0 komentar "Penjelasan Tata Bahasa Ringkas", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment