Tuesday, May 14, 2013

Kata Kerja Tak Teratur Bahasa Belanda

Kata Kerja Tak Teratur Bahasa Belanda - Pada postingan kali ini, saya akan menjelaskan tentang Kata Kerja Tak Teratur dalam bahasa Belanda. Sebelumnya saya telah menjelaskan tentang Kata kerja teratur dalam bahasa Belanda yang merupakan penjelasan yang berkesinambungan dengan postingan ini. Baik, langsung saya penjelasan tentang Kata Kerja Tak Teratur berikut.

Penafsiran kata kerja tak teratur ini tidak mengikuti pola tertentu, contohnya kata kerja ZIJN dan HEBBEN, contoh :

ZIJN

kalimat waktu kini (o.t.t.)                 |  kalimat waktu lampau (o.v.t.)
Ik ben thuis.      Ik was thuis. Saya (berada) di rumah.
U bent thuis.
U was thuis. Anda (berada) di rumah.
Jij bent thuis.
Jij was thuis. Kamu (berada) di rumah.
Hij is thuis.
Hij was thuis. Dia (berada) di rumah.
Zij is thuis.
Zij was thuis. Dia (berada) di rumah.
Het is thuis.
Het was thuis. (Benda) itu (berada) di rumah.
Wij zijn thuis.
Wij waren thuis. Kami (berada) di rumah.
Jullie zijn thuis.
Jullie waren thuis. Kalian (berada) di rumah.
Zij zijn thuis.
Zij waren thuis. Mereka (berada) di rumah.


HEBBEN

kalimat waktu kini (o.t.t.)                     |    kalimat waktu lampau (o.v.t.)
Ik heb een pen.      Ik had een pen. Saya memiliki sebuah pen.
U hebt/heeft een pen.
U had een pen. Anda memiliki sebuah pen.
Jij hebt een pen.
Jij had een pen. Kamu memiliki sebuah pen.
Hij heeft een pen.
Hij had een pen. Dia memiliki sebuah pen.
Zij heeft een pen.
Zij had een pen. Dia memiliki sebuah pen.
Het heeft een pen.
Het had een pen. (Benda) itu memiliki sebuah pen.
Wij hebben een pen.
Wij hadden een pen. Kami memiliki sebuah pen.
Jullie hebben een pen.
Jullie hadden een pen. Kalian memiliki sebuah pen.
Zij hebben een pen.
Zij hadden een pen. Mereka memiliki sebuah pen.


Kata kerja tak teratur dalam kalimat waktu kini perfektum (v.v.t.) juga bertasrif dengan pola yang tidak tentu, misalnya gegaan, geweest, gemaakt, gehad:
Ik ben naar huis gegaan       - Saya sudah pulang.
Ik ben in Malang geweest      - Saya sudah pernah ke Malang.
Ik ben mijn huiswerk gemaakt  - Saya sudah mengerjakan PR saya.
Ik ben vroeger een poes gehad - Saya dulu memiliki seekor kucing.
Keterangan :
gegaan     berasal dari    gaan
geweest   
berasal dari    zijn
geweekt
   
berasal dari    maken
gehad
     
berasal dari    hebben

Kata kerja tak teratur lain

Termasuk kata kerya yang tak teratur bentuknya adalah hebben (punya), kunnen (dapat), mogen (boleh), zijn (adalah-berada), zullen (akan). Selain itu juga kata kerja 'kuat' yang betul-betul tak teratur dalam hal aspek waktunya :


slaan            →            sloeg
kopen           →            kocht



Kata kerja kunnen (dapat), mogen (dapat), zullen (akan), willen (mau), dan moeten (harus), merupakan kata kerja bantu modal yang paling penting dalam bahasa Belanda. Dalam beberapa kalimat kata kerja tersebut dilengkapi kata kerja lain (infinitif) yang letaknya hampir selalu di belakang. Kata kerja bantu menjabat sebagai PV (persoonsvorm), sedangkan kata kerja infinitif sebagai sisa predikat (SP).


Contoh :
  • Vader kan heel goed zingen      - Bapak dapat bernyanyi dengan bagus sekali.
  • Jij mag morgen ook komen        - Besok kamu boleh juga datang.
  • Ik zal morgen op tijd komen     - Besok saya akan datang tepat waktu.
  • Gisteren wilde/wou ik eigenlijk - Kemarin saya sebenarnya mau membeli.
  • een boek bij Gramedia kopen     - sebuah buku di Gramedia


Kata kerja kuat

Kata kerja jenis ini, bentuk lampau dan bentuk partisipnya mengalami perubahan vokal. Untuk bentuk partisip, selain mengalami perubahan vokal juga diberi awalan ge-.
Contoh :


Kita tidak dapat menentukan teratur atau tidaknya sebuah kata kerja berdasarkan bentuk infinitifnya. Kita harus menghafalkan masing-masing atau belajar mengenainya sebagai bentuk kata kerja dan kemudian mencarinya dalam kamus.


0 komentar "Kata Kerja Tak Teratur Bahasa Belanda", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment