Friday, May 17, 2013

Pengimbuhan Bahasa Belanda

Pengimbuhan Bahasa Belanda - Mengenai pembahasan Pengimbuhan Bahasa Belanda, terlebih dahulu Anda harus memahami postingan sebelumnya yang terkait dengan penjelasan ini. Jika Anda belum memahami dan mempelajari sepenuhnya, silahkan baca dan pelajari terlebih dahulu tentang Perubahan Kata Kerja dalam bahasa Belanda, Kata Kerja Teratur Bahasa Belanda, dan Kata Kerja Tak Teratur Bahasa Belanda. Berikut ini saya akan memberikan penjelasan tentang Pengimbuhan Bahasa Belanda.

Kata kerja  dan kata sifat dalam bahasa Belanda dapat muncul dengan akhiran. Beberapa kata ganti juga mengalam perubahan.


1. Kata Benda: jamak (meervoud)



Bentuk jamak diperoleh dengan penambahan akhiran -en (sebagian besar) atau -s/'s di belakang kata benda. Ada beberapa bentuk kata yang tak teratur :


Perhatikan perubahan cara penulisan, karena ini akan membantu anda dalam menggunakan kamus. Amati contoh-contoh berikut:


Anda harus selalu ingat bahwa untuk kata benda yang ada dalam kamus sebagai entri adalah benda tunggal, sehingga apabila dalam teks dijumpai bentuk jamak, Anda harus mengembalikannya ke bentuk tunggal dulu.

Bentuk jamak dengan akhiran -en lebih sulit dicari artinya daripada bentuk tunggalnya. Bentuk tunggal bisa langsung dicari artinya dalam kamus, sedangkan bentuk jamak terlebih dahulu harus dijadikan bentuk tunggal (dasar).

Anda harus waspada bahwa bentuk dasar tidak selalu diperoleh dengan hanya menghilangkan akhiran -en, kadangkala kata tersebut masih memerlukan modifikasi, misalnya menambahkan satu vokal atau mengurangi satu konsonan. Untuk latihan, silahkan simak kembali contoh-contoh yang telah diberikan. Lihat bentuk jamaknya, lalu bandingkan dengan bentuk dasar (tunggal).



0 komentar "Pengimbuhan Bahasa Belanda", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment