Friday, May 17, 2013

Kata Sifat dalam Bahasa Belanda

Kata Sifat dalam Bahasa Belanda - Pada postingan sebelumnya mengenai Pengimbuhan dalam bahasa Belanda, kali ini saya akan menjelaskan mengenai Kata Sifat dalam Bahasa BelandaBerikut penjelasannya.

1. Dengan atau tanpa akhiran -e

Kata sifat yang berada di depan kata benda ada yang diberi akhiran -e dan ada yang tidak. Arti kata sifat dengan atau tanpa akhiran -e tidaklah berbeda. Namun, perlu diingat bahwa kata sifat yang menjadi entri dalam kamus adalah bentuk yang tanpa akhiran -e (bentuk yang tidak bertasrif atau bentuk dasar).

Silahkan lihat contoh-contoh berikut, perhatikan perubahan cara penulisannya :

Pada dua contoh di atas, Anda hanya perlu menghilangkan akhiran -e untuk menentukan bentuk dasar (kamus). Pada contoh berikut, Anda juga harus membuang salah satu konsonan :

Pada contoh di bawah ini, Anda harus menggandakan vokalnya:


2. Tingkat perbandingan


Tingkat lebih dibentuk dengan penambahan akhiran -er di belakang kata sifat, sedangkan tingkat superlatif dibentuk dengan memberi akhiran -st pada kata sifat.

Berikut tingkat komparatif yang tak teratur :

Kata sifat yang berakhiran -r diberi akhiran -der pada tingkat komparatif :


3. Kata sifat yang berasal dari kata kerja partisip


Banyak kata kerja partisip yang transitif dapat menjadi kata sifat yang artinya 'yang ter- / di...'

Kata sifat jenis ini juga dapat berkahiran -e, maupun tanpa akhiran -e, sebagaimana kata sifat biasa. Kata sifat yang berakhiran dengan -en tidak pernah diberi akhiran -e.

4. Kata sifat berpola infinitif + d/de

Sebagian besar, kata kerja infinitif dapat menjadi kata sifat dengan menambahkan -d/de di akhir infinitif itu. Kata sifat demikian berarti "yang sedang (infinitif)" ;


Kata sifat jenis ini dapat berakhiran -e maupun tidak.



0 komentar "Kata Sifat dalam Bahasa Belanda", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment