Sunday, June 16, 2013

Kalimat Tunggal Bahasa Belanda

Kalimat Tunggal Bahasa Belanda - Kalimat tunggal dalam bahasa Belanda hanya memiliki sebuah subyek dan sebuah PV (Persoonsvorm). Dalam kalimat tunggal selalu terletak di tempat kedua untuk kalimat berita dan kalimat tanya yang dilengkapi kata tanya. PV (Persoonsvorm) pada kalimat tanya tanpa kata tanya teletak di tempat pertama.



Dalam pembahasan ini, kita juga harus mengetahui istilah atau singkatan dalam yang digunakan pemberian jabatan masing-masing kata yang akan kita uraikan. Adapun mengenai singkatan-singkatan yang dipakai dalam Kalimat Tunggal adalah :
  1. S   →  subyek
  2. PV  →  (Persoonsvorm)
  3. OL  →  obyek langsung / penderita
  4. OT  →  obyek tak langsung / penyerta
  5. SP  →  sisa predikat
  6. K   →  keterangan
  7. KKB →  kata kerja bantu
  8. KSB →  kata sambung
  9. P   →  predikat (berupa PV saja atau PV + SP)
Selain itu, dalam Kalimat Tunggal Bahasa Belanda terdapat pembahasan mengenai 2 topik, yakni :
  1. Kalimat Berita
  2. Kalimat Tanya

1. Kalimat Berita

Dalam kalimat berita, kita langsung menyimak pola kalimat berita berikut :

Saya melihat dia lagi besok
Ik zie hem morgen weer
S PV OL K K
saya melihat dia besok lagi

Saya telah memberi paman saya sebuah buku kemarin
Ik heb mijn oom gisteren een boek gegeven
S PV OL K OL SP
saya KKB paman saya kemarin sebuah buku memberi

Bagian kalimat lain selain subyek, juga dapat menempati tempat pertama dalam suatu kalimat. Kalimat demikian disebut dengan kalimat inversi, contoh : 

Kemarin saya telah memberi paman saya sebuah buku
Gisteren heb ik mijn oom een boek gegeven
K PV S OT OL SP
kemarin KKB saya paman saya sebuah buku memberi

Tidak pernah saya melihat dia lagi
Nooit heb ik hem weer gezien
K PV S OL K SP
tidak pernah KKB saya dia lagi melihat

Itu belum saya coba 
Dat heb ik nog niet geprobeerd
OL PV S K SP
itu KKB saya belum mencoba

Dalam kalimat inversi, S menduduki jabatan / tempat setelah PV.

2. Kalimat Tanya

1. Kalimat tanya dengan jawaban ya atau tidak

(Maukah) kamu mengeposkan surat itu nanti?
Doe je de brief straks op de post? (Ja / Nee)
PV S OL K K
kamu surat itu nanti (doe op de post = mengeposkan) (Ya / Tidak)

Apakah kamu telah mengeposkan surat itu?
Heb je de brief op de post gedaan? (Ja / Nee)
PV S OL K SP
kamu surat itu nanti mengeposkan (Ya / Tidak)

2. Kalimat tanya dengan jawaban informasi

Mengapa kamu tidak mengeposkan surat itu kemarin?

Waarom heb je de brief gisteren niet gepost?
K PV S OL K K SP
mengapa KKB kamu surat itu kemarin tidak mengeposkan

Siapa kemarin tidak mengeposkan surat itu?
Wie heeft de brief gisteren niet gepost?
S PV OL K K SP
siapa KKB surat itu kemarin tidak mengeposkan
 
Dari pembahasan di atas beserta beberapa contoh merupakan salah satu pembahasan terkait dalam topik susunan kata / tata kata dalam kalimat, semoga Anda dapat memahami atas apa yang telah saya sampaikan ini.

Demikian pembahasan mengenai Kalimat Tunggal Bahasa Belanda, semoga bermanfaat bagi yang sedang memahami dan mempelajarinya. Terima Kasih.


1 comment: