Tuesday, June 18, 2013

Penjelasan Kalimat Majemuk Bahasa Belanda

Penjelasan Kalimat Majemuk Bahasa Belanda - Mengenai kalimat majemuk dalam bahasa Belanda ini memiliki subyek dan PV lebih dari satu dan terdiri atas sebuah induk kalimat dan sebuah beberapa anak kalimat. Dalam anak kalimat, subyek terletak di depan dan predikat (PV dan SP) terletak di bagian belakang kalimat.

Contoh :
  • Saya melihat seseorang yang sudah selesai.
    Ik   zie     iemand     die  al   klaar  is
    S    PV      S          S    K    SP     PV

    Saya melihat seseorang
      yang    sudah    selesai    adalah

        Induk kalimat
                     anak kalimat
  • Itu adalah orang yang besok ingin saya kunjungi.
    Dat  is     de persoon  die  ik   morgen wil  
    bezoeken.
    S    PV         SP      OL   S    K      PV    SP

    itu  adalah   orang
         yang saya besok  ingin mengunjungi
        Induk kalimat                 anak kalimat
  • karena sebelumnya saya belum pernah menanyakan hal itu pada istri saya.
    omdat  ik   het  mijn vrouw nog   nooit  eerder     gevraagd  heb.
    KSB    S    OL   OT         K     K      SP         PV

    karena saya itu  istri saya belum pernah sebelumnya menanyakan KKB

                         anak kalimat
  • Bila saya memiliki banyak uang, saya (akan) pergi ke Belanda tiap tahun.
    Als  Ik   veel geld   heb,     ga    ik   ieder jaar 
    naar Nederland.
    KSB  S    OL          PV       PV    S         K        K

    bila saya banyak uang
    memiliki pergi saya tiap tahun  ke Belanda
            anak kalimat                  Induk kalimat

Dari contoh-contoh di atas, menjelaskan bahwa penempatan anak kalimat dan induk kalimat tidak selalu pada posisi yang sama, penempatannya dapat berubah-ubah disesuaikan dengan pola kalimat yang ada.

Demikian pembahasan singkat mengenai Penjelasan Kalimat Majemuk Bahasa Belanda, semoga dapat dimengerti dan bermanfaat bagi semua


3 comments: