Monday, June 24, 2013

Pengingkaran Kata : Penggunaan Niet dan Geen Bahasa Belanda

Penggunaan Niet dan Geen Bahasa Belanda - Dalam pengingkaran kata bahasa belanda yang sering digunakan adalah niet dan geen. Keduanya memiliki arti / makna yang sama, yaitu tidak, bukan. Pada kata niet terbagi lagi dalam kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Tidak seperti niet, penggunaan kata geen tidak memiliki kategori kalimat tunggal dan majemuk, dan penggunaan kata geen selalu terletak di depan kata benda.

Penggunaan kata Niet

Penggunaan kata Niet dalam suatu kalimat dalam bahasa belanda dibagi menjadi 2 kategori, yaitu:

1. Niet dalam Kalimat Tunggal 

Penggunaan kata niet dalam Kalimat tunggal terletak pada posisi yang berbeda pada suatu kalimat, yakni:
  • Niet yang terletak terletak di belakang kalimat, contoh :
Saya tidak mengatakan itu
Ik    zeg          het    niet
S     PV           OL     K
saya  mengatakan   itu    tidak
  • Niet yang terletak di depan sisa predikat (SP) dalam suatu kalimat berkala perfektum (selesai), contoh:
Saya tidak mengatakan itu kepada dia
Ik    heb    het         hem  niet    gezegd
S     PV     OL          OT   K       SP
saya  KKB    itu         dia  tidak   mengatakan
  • Niet yang terletak di depan bagian kalimat yang diingkari, terutama apabila bagian kalimat itu diberi tekanan kata (di depan kata depan, keterangan, kata keterangan, kata sifat),  contoh :
Saya menceritakan itu tidak kepadanya
Ik    heb    het   niet    aan hem verteld
S     PV     OL    OT           SP
saya  KKB    itu   tidak   kepadanya menceritakan

Saya mengerjakan itu bukan kemarin.
Ik    heb    het   niet gisteren    gedaan
S     PV     OL         K           SP
saya  KKB    itu   bukan kemarin    mengerjakan 

Dia tidak sering ikut melakukan
Hij   heeft  niet vaak      meegedaan.
S     PV        OL
dia   KKB   
tidak sering   ikut melakukan

Dia tidak cantik.
Zij   is      niet mooi
S     PV      SP
dia   adalah  tidak cantik

Bukan dia (yang) telah melakukan itu, tetapi Annie.
Niet hij   heeft  het  gedaan,    maar    Annie.
S          PV     OL   SP         KSB       S
Bukan dia  KKB    itu  melakukan  tetapi  Annie
  

2. Niet dalam Kalimat Majemuk (anak kalimat) 

Sama seperti halnya penggunaan Niet dalam Kalimat tunggal, letak niet dalam kalimat majemuk juga berbeda-beda, simak penjelasan berikut. 

1. Niet yang berada langsung di depan predikat, contoh :
Saya berjanji kepadamu untuk tidak (akan) mengatakan hal itu.
Ik beloof je  dat    ik    het  niet    zeg
              KSB    S     OL   K       PV 
              bahwa  saya  itu  tidak   mengatakan 

Saya berjanji kepadamu bahwa saya tidak akan mengatakan hal itu.
Ik beloof je  dat    ik    het  niet   zal     zeg
              KSB    S     OL   K      PV      SP
              bahwa  saya  itu  tidak  akan  mengatakan 

Saya berjanji kepadamu untuk tidak (akan) mengatakan hal itu.
Ik beloof je  dat    ik    het  niet   zeg
              KSB    S     OL   K      PV 
              bahwa  saya  itu  tidak  mengatakan

Saya berjanji kepadamu bahwa saya tidak akan mengatakan hal itu.
Ik beloof je  dat    ik    het  niet   zal   zeg
              KSB    S     OL   K      PV    SP 
              bahwa  saya  itu  tidak  akan  mengatakan 

2. Niet yang terletak di depan bagian kalimat yang diingkari, contoh :
Saya berjanji padamu bahwa saya (tidak) akan selalu datang terlambat.
Ik beloof je  dat    ik    niet altijd   te laat    kom. 
              KSB    S          K          K        PV 
              bahwa  saya  tidak selalu  terlambat  datang

Penggunaan kata Geen

Penggunaan kata geen dalam bahasa Belanda selalu terletak di depan kata benda, yang mana letak kata geen di depan kata benda memiliki 2 kategori, yakni :

1. Di depan kata benda yang didahului artikel een :
Ik heb een huis             ~  Ik heb geen huis
Saya memiliki sebuah rumah 
Saya tidak memiliki sebuah rumah


Ik zoek een station         ~  Ik zoek geen station

Saya mencari stasiun        ~  Saya tidak mencari stasiun

2. Di depan kata benda yang tidak didahului artikel (kosong) :
Hij heeft kleren gekocht.   ~  Hij heeft geen kleren gekocht.

Dia telah membeli pakaian.  ~  Dia tidak membeli pakaian.

Hij drinkt vanochtend melk. ~  Hij drinkt vanochtend geen melk. 
Dia tadi pagi minum susu.   ~  Dia tadi pagi tidak minum susu
Demikian penjelasan singkat mengenai Pengingkaran Kata : Penggunaan Niet dan Geen Bahasa Belanda, semoga bermanfaat ^^

1 comment:

  1. Pada sub bab : 2. Niet dalam Kalimat Majemuk (anak kalimat), dalam bagian: 1. Niet yang berada langsung di depan predikat, contoh :
    Saya berjanji kepadamu bahwa saya tidak akan mengatakan hal itu.
    Ik beloof je dat ik het niet zal zeg
    KSB S OL K PV SP
    bahwa saya itu tidak akan mengatakan

    Maaf, tapi setahu saya (soalnya saya juga masih belajar), "zullen" selalu diikuti infinitief. Jadi tidak "zal zeg" melainkan "zal zeggen''

    Jadi kalimat itu menjadi:
    Ik beloof je dat ik het niet zal zeggen.

    Terima kasih.

    ReplyDelete